Rabu, 30 Mei 2012

Basarnas Gelar INSARAG Asia-Pacific Regional Earthquake Response Exercise di Padang



PADANG - Badan SAR Nasional (Basarnas) kembali menggelar event bertaraf internasional. Basarnas dipercaya UN-OCHA dan Sekretariat International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG) sebagai tuan ramah kegiatan "INSARAG Asia-Pacific Regional Earthquake Response Exercise Tahun 2012" dan "INSARAG Guideline Workshop and Methodology". Event yang diikuti 120 peserta dari 22 negara Asia Pasifik tesebut berlangsung selama 3 hari, 29 Mei - 1 Juni 2012. Tempatnya di Pangeran Beach Hotel, Padang, Sumatera Barat.




INSARAG adalah organisasi SAR internasional khusus menangani pencarian dan pertolongan perkotaan atau Urban Search and Rescue (USAR). Tujuannya adalah “Strengthening the Effectiveness and Coordination of International Urban Search and Rescue Assistance”. Pada latihan bersama ini, Basarnas diharapkan mampu menunjukkan eksistensi dan kompetensinya dalam hal USAR serta familiarisasi dan mengimplementasikan prosedur operasi SAR seperti yang tertuang dalam INSARAG Guidelines.
Basarnas sebagai focal poit dan instansi lainnya sebagai tim pendukung. Instansi lain yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya TNI, Polri, Kementrian Luar Negeri, BNPB, Ditjen Bea Cukai, Ditjen Imigrasi, Kementrian Keuangan, PMI dan Kementrian Hukum dan HAM.
Diharapkan, Basarnas mampu memenuhi kualifikasi IEC (INSARAG External Classification) dan mendapatkan sertifikasinya sehingga kapasitas dan kapabilitas tim USAR Basarnas bisa disejajarkan dengan tim USAR dari negara-negara lainnya.

Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI Daryatmo SIP dalam sambutannya menekankan pentingnya kerjasama lintas sektoral dan luar negeri.  "Saya berharap kegiatan ini  dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi baik dalam lingkup nasional, regional, maupun internasional," katanya.

Kabasarnas juga berpesan agar kegiatan tersebut menjadi wahana untuk saling bertukar pikiran, berbagi wacana yang dapat memberikan kontribusi yang positif dan konstruktif dalam upaya peningkatan mutu pelayanan dalam penyelenggaraan operasi USAR di Indonesia.
Pada kesempatan tersebut, Basarnas juga  mensosialisasikan program "SAR Goes To School" di Sumatera Barat. Program ini telah dilounching pada pertemuan INSARAG pertama di Bali tahun lalu. Program ini telah disosialisasikan di sejumlah daerah dan targetnya ke seluruh Indonesia. SAR Goes To School ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat khususnya kepada anak usia dini tentang SAR.

                                                                                                                                               Sumber : http://www.facebook.com/basarnas

0 comments:

 
Basarnas Kendari Blog Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template