Rabu, 11 Januari 2012

Kabasarnas Cermati Operasional IDMCC dan Media Center Basarnas

JAKARTA – Kecepatan informasi menjadi faktor penting dalam operasi SAR. Semakin cepat informasi itu diperoleh atau disampaikan, maka semakin cepat pula operasi itu dilakukan. Respon time dalam operasi SAR inilah yang terus menerus dibenahi Badan SAR Nasional (Basarnas). Untuk mendukung tugas pokok dan fungsinya, Basarnas memanfaatkan kecanggihan tehnologi. Salah satunya dengan melakukan tele converence.
Foto : basarnas.go.id
Kabasarnas Marsekal Madya TNI Daryatmo SIP didampingi Sekretaris Utama (Sestama) Drs Max Ruland B, MM, MSc, Deputi Bidang Operasi Mayjen Hadi Lukmono, Direktur Komunikasi Sutono, Kepala Pusat Data dan Informasi Lasmaida Silalahi serta pejabat eselon III dan IV di lingkungan Kantor Pusat Basarnas melihat langsung peralatan komunikasi yang tengah di kembangkan Basarnas di Indonesia Mission Control Center (IDMCC) Lantai 14 Gedung Basarnas di Jl Angkasan Blok B15 Kav 2-3 Kemayoran Jakarta Pusat.
Pada kesempatan tersebut, Kabasarnas memantau langsung gladi kotor latihan SAR Karuna Nisevanam 161 yang berlangsung di Denpasar Bali dan Sukamantri Gunung Salak. Di Denpasar, setting latihannya pesawat ditching atau melakukan pendaratan darurat di laut. Sedangkan di Sukamantri, tim SAR menangani bencana tanah longsor.
“Teknologi ini sangat penting sebagai sarana koordinasi di lapangan dalam operasi SAR agar lebih cepat dan efektif,” tegas Kabadan.
Pada kesempatan tersebut, Kabasarnas mencermati bagaimana Local User Terminal (LUT) itu bekerja. Saat LUT menangkap sinyal distress dari Emmergency Local Transmiter (ELT) pesawat yang jatuh lalu menstranfer data secara real time terkait koordinat (lokasi) dan register pesawat. Setelah diketahui, tim SAR dari kantor terdekat langsung dikerahkan ke lokasi untuk melakukan operasi SAR.
Sebelumnya, Kabasarnas juga mengecek kesiapan Media Center Basarnas di loby Gedung Basarnas dan Digital Media Manager (DMM) atau dapurnya media center di Lantai 5. Sementara acara puncaknya tanggal 16 Januari 2012. Latihan tersebut sekaligus sebagai launching operasional IDMCC dan Media Center Basarnas. (ab)

0 comments:

 
Basarnas Kendari Blog Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template