Minggu, 27 November 2011

SIMULASI PENANGANAN MUSIBAH PELAYARAN

Foto : Humas SAR kendari

Kendari --- Minggu 27/11, Setelah informasi yang di sampaikan oleh Bpk. Andi dengan Cp. 0813 42 92 0435 bahwa kapal yang di Nahkodainya terbakar di 10 mil laut dari Pantai Wisata Batu Gong, diketahui api tiba-tiba muncul dari dalam kamar mesin, sejauh ini penyebab awal terbakarnya kapal tersebut belum di ketahui dengan pasti yang pastinya api bersumber dari kamar mesin dan setelah api mulai membakar kamar mesin kapal kami ini bersamaan itu pula sebagian ABK-nya berusaha untuk memadamkan api yang mulai membesar namun api semakin tidak bias dikendalikan. Karena api semakin merajalela sebagian dari ABK kapal tersebut menceburkan diri ke laut dengan maksud menyelamatkan diri dari amukan si jago merah yang hampir menghabisi seluruh body kapal tersebut (ungkap nahkoda) pada saat melaporkan musibah yang di alaminya ke Communication Centre Basarnas kendari.

Foto : Humas SAR kendari

Diketahui kapal ini memuat barang-barang campuran serta sembako yang mudah terlalap api, KM. Rahayu yang berukuran 20GT ini sebelumnya bertolak dari kota Kendari menuju Asera Kab. Konut pada 25/11 dengan jumlah POB 40 orang dengan cirri-ciri kapal berlambung warna putih bergaris hitam.
Foto : Humas SAR kendari
 
Foto : Humas SAR kendari

Dua unit Rubber boat bersama 24 orang personil yang di angkut menggunakan dua unit Truck, serta satu unit RIB di berangkatkan langsung menuju TKM dengan di kawal tiga unit Motor Trail. Pada saat tiba di TKM tim langsung melakukan evakuasi seluruh korban ditemukan 2 (dua) orang mengalami luka bakar, 37 (tiga puluh tuju)  orang luka ringan serta 1 (satu) orang meninggal dunia pada saat di temukan oleh  tim dari Kansar Kendari yang tidak jauh dari lokasi awal terbakarnya kapal tersebut, setelah seluruh korban berhasil di evakuasi ke posko yang sebelumnya dilakukan pendataan terhadap keseluruhan korban sebagian dari mereka langsung dijemput oleh masing-masing keluarga namun sebagian lagi masih menjalani perawatan di rumah sakit terdekat dan seluruh tim yang berpartisipasi dalam kegiatan simulasi penanganan musibah pelayaran ini dinyatakan sukses, berjalan dengan lancar dan aman terkendali. Sebelum mengakhiri kegiatan simulasi ini kepala kantor sar kendari Drs. Djhony Sitorus berpesan kepada seluruh personil Kantor SAR Kendari yang terlibat agar senantiasa mengasah kemampuan dan keterampilan guna meningkatkan mutu serta kesiap-siagaan guna menjawab seluruh tuntutan masyarakat akan layanan jasa SAR karena “keselamatan bukanlah suatu hal yang kebetulan”.
---Post by: Humas Basarnas Kendari/RisYud---

0 comments:

 
Basarnas Kendari Blog Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template